LAPORAN DAN EVALUASI (PEMANTAUAN)
PENILAIAN KINERJA GURU

Nama : SURYA ADY SUHENDRA S.Pd
Pangkat / Golongan Ruang
Terhitung Mulai Tanggal
: Penata Muda Guru Ahli Pertama III/a
NUPTK/NRG : 2334771672130123 /
Nama Sekolah : SDN WONOKUSUMO I / 40
Alamat Sekolah : JL WONOKUSUMO KULON III/1
Tanggal mulai bekerja di sekolah ini : 01-12-2020
Periode penilaian : 01-01-2023 sampai 31-12-2023



PERSETUJUAN

(Persetujuan ini harus ditandatangani oleh penilai dan guru yang dinilai)

Penilai dan guru yang dinilai menyatakan telah membaca dan mamahami semua aspek yang ditulis/dilaporkan dalam format ini dan menyatakan setuju.


Nama Dinilai SURYA ADY SUHENDRA S.Pd Nama Penilai TOMI ARIF BASUKI S.Pd.SD

Tanda Tangan
hmm
Tanda Tangan
hmm




Tanggal 31 Desember 2023

 

Kompetensi 1 : Menerapkan strategi lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik
Nama Dinilai : SURYA ADY SUHENDRA S.Pd
Nama Penilai : TOMI ARIF BASUKI S.Pd.SD
Penilaian untuk Kompetensi 1:
Indikator Skor
1. Mengaplikasikan teknik dasar pengelolaan perilaku peserta didik yang sulit. 0 1 2
2. Mengaplikasikan strategi pengelolaan kelas untuk mencapai pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
3. Mengaplikasikan prinsip-prinsip yang menumbuhkan rasa aman dan nyaman peserta didik dalam proses pembelajaran. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 1 5
Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 6
Persentase = (total skor/6) × 100% 83.33
Nilai Konversi untuk kompetensi 1 3
Kompetensi 2 : Menerapkan pembelajaran efektif yang berpusat pada peserta didik
Nama Dinilai : SURYA ADY SUHENDRA S.Pd
Nama Penilai : TOMI ARIF BASUKI S.Pd.SD
Penilaian untuk Kompetensi 2:
Indikator Skor
1. Mengaplikasikan desain pembelajaran yang terstruktur dan berurutan untuk mencapai tujuan pembelajaran. 0 1 2
2. Mengembangkan desain pembelajaran yang relevan dan melibatkan peserta didik. 0 1 2
3. Memilih dan menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. 0 1 2
4. Mengaplikasikan instruksi pembelajaran yang mencakup strategi dan komunikasi untuk menumbuhkan minat dan nalar kritis peserta didik. 0 1 2
5. Menggunakan TIK yang adaptif dalam mendukung pembelajaran. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 2 10
Skor maksimum kompetensi 2 = jumlah indikator × 2 10
Persentase = (total skor/10) × 100% 100
Nilai Konversi untuk kompetensi 2 4
Kompetensi 3 : Melakukan asesmen, umpan balik, dan pelaporan yang berpusat pada peserta didik
Nama Dinilai : SURYA ADY SUHENDRA S.Pd
Nama Penilai : TOMI ARIF BASUKI S.Pd.SD
Penilaian untuk Kompetensi 3:
Indikator Skor
1. Melaksanakan asesmen yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
2. Mengembangkan rancangan asesmen yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
3. Memberikan umpan balik terhadap peserta didik mengenai pembelajarannya. 0 1 2
4. Menyusun laporan capaian belajar peserta didik. 0 1 2
5. Mengkomunikasikan laporan capaian belajar peserta didik. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 3 9
Skor maksimum kompetensi 3 = jumlah indikator × 2 10
Persentase = (total skor/10) × 100% 90
Nilai Konversi untuk kompetensi 3 3
Kompetensi 4 : Menerapkan perilaku yang mencerminkan kematangan moral, emosi, dan spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode etik guru
Nama Dinilai : SURYA ADY SUHENDRA S.Pd
Nama Penilai : TOMI ARIF BASUKI S.Pd.SD
Penilaian untuk Kompetensi 4:
Indikator Skor
1. Menerapkan makna, tujuan, dan pandangan hidup guru berdasarkan prinsip moral dan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 0 1 2
2. Menggunakan strategi pengelolaan emosi secara efektif dalam menerapkan perilaku kerja sebagai guru. 0 1 2
3. Menerapkan kode etik guru dalam bekerja dan pembelajaran. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 4 5
Skor maksimum kompetensi 4 = jumlah indikator × 2 6
Persentase = (total skor/6) × 100% 83.33
Nilai Konversi untuk kompetensi 4 3
Kompetensi 5 : Menerapkan pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi.
Nama Dinilai : SURYA ADY SUHENDRA S.Pd
Nama Penilai : TOMI ARIF BASUKI S.Pd.SD
Penilaian untuk Kompetensi 5:
Indikator Skor
1. Melakukan refleksi dan perencanaan kebutuhan pengembangan diri yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
2. Menggunakan cara adaptif dalam melakukan pengembangan diri untuk meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
3. Menerapkan hasil pengembangan diri untuk meningkatkan pembelajaran peserta didik. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 5 5
Skor maksimum kompetensi 5 = jumlah indikator × 2 6
Persentase = (total skor/6) × 100% 83.33
Nilai Konversi untuk kompetensi 5 3
Kompetensi 6 : Membiasakan pentingnya menempatkan peserta didik sebagai pusat dari pembelajaran
Nama Dinilai : SURYA ADY SUHENDRA S.Pd
Nama Penilai : TOMI ARIF BASUKI S.Pd.SD
Penilaian untuk Kompetensi 6:
Indikator Skor
1. Menerapkan interaksi aktif dan empatik dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
2. Menghormati / menghargai respek terhadap peserta didik dalam menjalankan peran sebagai guru. 0 1 2
3. Menerapkan kepedulian terhadap keselamatan dan keamanan peserta didik sebagai individu dan kelompok. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 6 6
Skor maksimum kompetensi 6 = jumlah indikator × 2 6
Persentase = (total skor/6) × 100% 100
Nilai Konversi untuk kompetensi 6 4
Kompetensi 7 : Melakukan kolaborasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran
Nama Dinilai : SURYA ADY SUHENDRA S.Pd
Nama Penilai : TOMI ARIF BASUKI S.Pd.SD
Penilaian untuk Kompetensi 7:
Indikator Skor
1. Mengaplikasikan komunikasi efektif dengan warga sekolah yang mengarah pada peningkatan pembelajaran. 0 1 2
2. Menyusun strategi yang efektif dalam mengorganisasi tugas bersama rekan sejawat untuk peningkatan pembelajaran. 0 1 2
3. Menerapkan strategi yang efektif dalam berbagi pengetahuan dan keahlian, serta menerima dan memberikan umpan balik secara konstruktif untuk mencapai peningkatan pembelajaran peserta didik. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 7 5
Skor maksimum kompetensi 7 = jumlah indikator × 2 6
Persentase = (total skor/6) × 100% 83.33
Nilai Konversi untuk kompetensi 7 3
Kompetensi 8 : Melibatkan orangtua/wali dan masyarakat dalam pembelajaran
Nama Dinilai : SURYA ADY SUHENDRA S.Pd
Nama Penilai : TOMI ARIF BASUKI S.Pd.SD
Penilaian untuk Kompetensi 8:
Indikator Skor
1. Mengaplikasikan strategi pendampingan orang tua/wali dalam mendukung pembelajaran di rumah yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
2. Mengaplikasikan strategi pelibatan pengetahuan, keahlian, dan perspektif orang tua/wali dan masyarakat dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 8 4
Skor maksimum kompetensi 8 = jumlah indikator × 2 4
Persentase = (total skor/4) × 100% 100
Nilai Konversi untuk kompetensi 8 4
Kompetensi 9 : Berperan dalam organisasi profesi dan jejaring yang lebih luas untuk peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik
Nama Dinilai : SURYA ADY SUHENDRA S.Pd
Nama Penilai : TOMI ARIF BASUKI S.Pd.SD
Penilaian untuk Kompetensi 9:
Indikator Skor
1. Berpartisipasi pada beragam peran untuk pemecahan masalah pembelajaran dalam organisasi profesi dan jejaring yang lebih luas.. 0 1 2
2. Berbagi praktik baik dan karya untuk peningkatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dalam organisasi dan jejaring yang lebih luas.. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 9 4
Skor maksimum kompetensi 9 = jumlah indikator × 2 4
Persentase = (total skor/4) × 100% 100
Nilai Konversi untuk kompetensi 9 4
Kompetensi 10 : Menggunakan konten pembelajaran dan cara mengajarkannya
Nama Dinilai : SURYA ADY SUHENDRA S.Pd
Nama Penilai : TOMI ARIF BASUKI S.Pd.SD
Penilaian untuk Kompetensi 10:
Indikator Skor
1. Mengimplementasikan struktur dan alur pengetahuan dari suatu bidang keilmuan yang relevan untuk pembelajaran. 0 1 2
2. Menggunakan pengetahuan konten yang relevan untuk menentukan tujuan pembelajaran. 0 1 2
3. Mengorganisasikan pengetahuan konten yang relevan untuk menyusun alur tujuan pembelajaran. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 10 5
Skor maksimum kompetensi 10 = jumlah indikator × 2 6
Persentase = (total skor/6) × 100% 83.33
Nilai Konversi untuk kompetensi 10 3
Kompetensi 11 : Menggunakan pengetahuan tentang karakteristik yang akan mempengaruhi cara belajar peserta didik
Nama Dinilai : SURYA ADY SUHENDRA S.Pd
Nama Penilai : TOMI ARIF BASUKI S.Pd.SD
Penilaian untuk Kompetensi 11:
Indikator Skor
1. Menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan dan karakteristik yang relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik. 0 1 2
2. Menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan latar belakang sosial, budaya, agama, dan ekonomi yang relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik. 0 1 2
3. Menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik yang sesuai dengan potensi, minat, dan cara belajar peserta didik. 0 1 2
4. Menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai untuk mendukung pembelajaran peserta didik penyandang disabilitas. 0 1 2
5. Menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman kebutuhan belajar peserta didik untuk pembelajaran yang inklusif. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 11 9
Skor maksimum kompetensi 11 = jumlah indikator × 2 10
Persentase = (total skor/10) × 100% 90
Nilai Konversi untuk kompetensi 11 3
Kompetensi 12 : Menggunakan pengetahuan tentang komponen kurikulum dan cara menggunakannya untuk merancang desain pembelajaran
Nama Dinilai : SURYA ADY SUHENDRA S.Pd
Nama Penilai : TOMI ARIF BASUKI S.Pd.SD
Penilaian untuk Kompetensi 12:
Indikator Skor
1. Menggunakan kurikulum dalam proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
2. Menggunakan asesmen untuk meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
3. Menggunakan strategi untuk meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
4. Menggunakan strategi pembelajaran yang efektif untuk capaian belajar literasi dan numerasi peserta didik. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 12 7
Skor maksimum kompetensi 12 = jumlah indikator × 2 8
Persentase = (total skor/8) × 100% 87.5
Nilai Konversi untuk kompetensi 12 3