Penilaian
untuk Kompetensi 1: |
Indikator |
Skor |
|
1. Mengaplikasikan teknik dasar pengelolaan perilaku peserta didik yang sulit. |
0 |
1 |
2 |
2. Mengaplikasikan strategi pengelolaan kelas untuk mencapai pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
3. Mengaplikasikan prinsip-prinsip yang menumbuhkan rasa aman dan nyaman peserta didik dalam proses pembelajaran. |
0 |
1 |
2 |
Total skor untuk kompetensi 1 |
5 |
Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 |
6 |
Persentase = (total skor/6) × 100% |
83.33 |
Nilai Konversi untuk kompetensi 1
|
3 |
Penilaian
untuk Kompetensi 2: |
Indikator |
Skor |
|
1. Mengaplikasikan desain pembelajaran yang terstruktur dan berurutan untuk mencapai tujuan pembelajaran. |
0 |
1 |
2 |
2. Mengembangkan desain pembelajaran yang relevan dan melibatkan peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
3. Memilih dan menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. |
0 |
1 |
2 |
4. Mengaplikasikan instruksi pembelajaran yang mencakup strategi dan komunikasi untuk menumbuhkan minat dan nalar kritis peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
5. Menggunakan TIK yang adaptif dalam mendukung pembelajaran. |
0 |
1 |
2 |
Total skor untuk kompetensi 2 |
10 |
Skor maksimum kompetensi 2 = jumlah indikator × 2 |
10 |
Persentase = (total skor/10) × 100% |
100 |
Nilai Konversi untuk kompetensi 2
|
4 |
Penilaian
untuk Kompetensi 3: |
Indikator |
Skor |
|
1. Melaksanakan asesmen yang berpusat pada peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
2. Mengembangkan rancangan asesmen yang berpusat pada peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
3. Memberikan umpan balik terhadap peserta didik mengenai pembelajarannya. |
0 |
1 |
2 |
4. Menyusun laporan capaian belajar peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
5. Mengkomunikasikan laporan capaian belajar peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
Total skor untuk kompetensi 3 |
9 |
Skor maksimum kompetensi 3 = jumlah indikator × 2 |
10 |
Persentase = (total skor/10) × 100% |
90 |
Nilai Konversi untuk kompetensi 3
|
3 |
Penilaian
untuk Kompetensi 4: |
Indikator |
Skor |
|
1. Menerapkan makna, tujuan, dan pandangan hidup guru berdasarkan prinsip moral dan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. |
0 |
1 |
2 |
2. Menggunakan strategi pengelolaan emosi secara efektif dalam menerapkan perilaku kerja sebagai guru. |
0 |
1 |
2 |
3. Menerapkan kode etik guru dalam bekerja dan pembelajaran. |
0 |
1 |
2 |
Total skor untuk kompetensi 4 |
5 |
Skor maksimum kompetensi 4 = jumlah indikator × 2 |
6 |
Persentase = (total skor/6) × 100% |
83.33 |
Nilai Konversi untuk kompetensi 4
|
3 |
Penilaian
untuk Kompetensi 5: |
Indikator |
Skor |
|
1. Melakukan refleksi dan perencanaan kebutuhan pengembangan diri yang berpusat pada peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
2. Menggunakan cara adaptif dalam melakukan pengembangan diri untuk meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
3. Menerapkan hasil pengembangan diri untuk meningkatkan pembelajaran peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
Total skor untuk kompetensi 5 |
5 |
Skor maksimum kompetensi 5 = jumlah indikator × 2 |
6 |
Persentase = (total skor/6) × 100% |
83.33 |
Nilai Konversi untuk kompetensi 5
|
3 |
Penilaian
untuk Kompetensi 6: |
Indikator |
Skor |
|
1. Menerapkan interaksi aktif dan empatik dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
2. Menghormati / menghargai respek terhadap peserta didik dalam menjalankan peran sebagai guru. |
0 |
1 |
2 |
3. Menerapkan kepedulian terhadap keselamatan dan keamanan peserta didik sebagai individu dan kelompok. |
0 |
1 |
2 |
Total skor untuk kompetensi 6 |
6 |
Skor maksimum kompetensi 6 = jumlah indikator × 2 |
6 |
Persentase = (total skor/6) × 100% |
100 |
Nilai Konversi untuk kompetensi 6
|
4 |
Penilaian
untuk Kompetensi 7: |
Indikator |
Skor |
|
1. Mengaplikasikan komunikasi efektif dengan warga sekolah yang mengarah pada peningkatan pembelajaran. |
0 |
1 |
2 |
2. Menyusun strategi yang efektif dalam mengorganisasi tugas bersama rekan sejawat untuk peningkatan pembelajaran. |
0 |
1 |
2 |
3. Menerapkan strategi yang efektif dalam berbagi pengetahuan dan keahlian, serta menerima dan memberikan umpan balik secara konstruktif untuk mencapai peningkatan pembelajaran peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
Total skor untuk kompetensi 7 |
5 |
Skor maksimum kompetensi 7 = jumlah indikator × 2 |
6 |
Persentase = (total skor/6) × 100% |
83.33 |
Nilai Konversi untuk kompetensi 7
|
3 |
Penilaian
untuk Kompetensi 8: |
Indikator |
Skor |
|
1. Mengaplikasikan strategi pendampingan orang tua/wali dalam mendukung pembelajaran di rumah yang berpusat pada peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
2. Mengaplikasikan strategi pelibatan pengetahuan, keahlian, dan perspektif orang tua/wali dan masyarakat dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
Total skor untuk kompetensi 8 |
4 |
Skor maksimum kompetensi 8 = jumlah indikator × 2 |
4 |
Persentase = (total skor/4) × 100% |
100 |
Nilai Konversi untuk kompetensi 8
|
4 |
Penilaian
untuk Kompetensi 10: |
Indikator |
Skor |
|
1. Mengimplementasikan struktur dan alur pengetahuan dari suatu bidang keilmuan yang relevan untuk pembelajaran. |
0 |
1 |
2 |
2. Menggunakan pengetahuan konten yang relevan untuk menentukan tujuan pembelajaran. |
0 |
1 |
2 |
3. Mengorganisasikan pengetahuan konten yang relevan untuk menyusun alur tujuan pembelajaran. |
0 |
1 |
2 |
Total skor untuk kompetensi 10 |
5 |
Skor maksimum kompetensi 10 = jumlah indikator × 2 |
6 |
Persentase = (total skor/6) × 100% |
83.33 |
Nilai Konversi untuk kompetensi 10
|
3 |
Penilaian
untuk Kompetensi 11: |
Indikator |
Skor |
|
1. Menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan dan karakteristik yang relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
2. Menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan latar belakang sosial, budaya, agama, dan ekonomi yang relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
3. Menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik yang sesuai dengan potensi, minat, dan cara belajar peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
4. Menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai untuk mendukung pembelajaran peserta didik penyandang disabilitas. |
0 |
1 |
2 |
5. Menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman kebutuhan belajar peserta didik untuk pembelajaran yang inklusif. |
0 |
1 |
2 |
Total skor untuk kompetensi 11 |
9 |
Skor maksimum kompetensi 11 = jumlah indikator × 2 |
10 |
Persentase = (total skor/10) × 100% |
90 |
Nilai Konversi untuk kompetensi 11
|
3 |
Penilaian
untuk Kompetensi 12: |
Indikator |
Skor |
|
1. Menggunakan kurikulum dalam proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
2. Menggunakan asesmen untuk meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
3. Menggunakan strategi untuk meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
4. Menggunakan strategi pembelajaran yang efektif untuk capaian belajar literasi dan numerasi peserta didik. |
0 |
1 |
2 |
Total skor untuk kompetensi 12 |
7 |
Skor maksimum kompetensi 12 = jumlah indikator × 2 |
8 |
Persentase = (total skor/8) × 100% |
87.5 |
Nilai Konversi untuk kompetensi 12
|
3 |