LAPORAN DAN EVALUASI (PEMANTAUAN)
PENILAIAN KINERJA GURU

Nama : ERWIN DIAN SUSANTO S.Pd.I
Pangkat / Golongan Ruang
Terhitung Mulai Tanggal
: Penata Tingkat I Guru Ahli Muda III/d
NUPTK/NRG : 1139759661200013 / 121272254095
Nama Sekolah : SDN KERTAJAYA
Alamat Sekolah : JL. PUCANGJAJAR NO 4-6
Tanggal mulai bekerja di sekolah ini : 20-03-2009
Periode penilaian : 01-01-2023 sampai 31-12-2023



PERSETUJUAN

(Persetujuan ini harus ditandatangani oleh penilai dan guru yang dinilai)

Penilai dan guru yang dinilai menyatakan telah membaca dan mamahami semua aspek yang ditulis/dilaporkan dalam format ini dan menyatakan setuju.


Nama Dinilai ERWIN DIAN SUSANTO S.Pd.I Nama Penilai SUTRISNO S.Pd

Tanda Tangan
hmm
Tanda Tangan
hmm




Tanggal 31 Desember 2023

 

Kompetensi 1 : Mengevaluasi strategi implementasi lingkungan pembelajaran yang aman dan nyaman bagi peserta didik
Nama Dinilai : ERWIN DIAN SUSANTO S.Pd.I
Nama Penilai : SUTRISNO S.Pd
Penilaian untuk Kompetensi 1:
Indikator Skor
1. Mengevaluasi dan merancang strategi pengelolaan perilaku peserta didik yang lebih efektif yang sulit. 0 1 2
2. Mengevaluasi dan merancang strategi pengelolaan kelas untuk mencapai pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
3. Mengevaluasi dan merancang strategi yang menumbuhkan rasa aman dan nyaman peserta didik dalam proses pembelajaran. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 1 6
Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah indikator × 2 6
Persentase = (total skor/6) × 100% 100
Nilai Konversi untuk kompetensi 1 4
Kompetensi 2 : Mengevaluasi pembelajaran efektif yang berpusat pada peserta didik
Nama Dinilai : ERWIN DIAN SUSANTO S.Pd.I
Nama Penilai : SUTRISNO S.Pd
Penilaian untuk Kompetensi 2:
Indikator Skor
1. Mengevaluasi dan merancang perbaikan desain pembelajaran yang terstruktur dan berurutan untuk mencapai tujuan pembelajaran. 0 1 2
2. Mengevaluasi dan merancang perbaikan desain pembelajaran yang relevan dan melibatkan peserta didik. 0 1 2
3. Mengevaluasi dan merancang perbaikan optimalisasi pemilihan dan penggunaan sumber belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. 0 1 2
4. Mengevaluasi dan merancang perbaikan instruksi pembelajaran yang mencakup strategi dan komunikasi untuk menumbuhkan minat dan nalar kritis peserta didik. 0 1 2
5. Mengevaluasi dan merancang strategi penggunaan TIK yang adaptif dalam mendukung pembelajaran. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 2 10
Skor maksimum kompetensi 2 = jumlah indikator × 2 10
Persentase = (total skor/10) × 100% 100
Nilai Konversi untuk kompetensi 2 4
Kompetensi 3 : Mengevaluasi asesmen, umpan balik, dan pelaporan yang berpusat pada peserta didik
Nama Dinilai : ERWIN DIAN SUSANTO S.Pd.I
Nama Penilai : SUTRISNO S.Pd
Penilaian untuk Kompetensi 3:
Indikator Skor
1. Mengevaluasi dan merancang perbaikan asesmen yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
2. Mengevaluasi dan merancang pelaksanaan asesmen yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
3. Mengevaluasi dan merancang strategi umpan balik terhadap peserta didik mengenai pembelajarannya. 0 1 2
4. Mengevaluasi dan merancang perbaikan laporan capaian belajar peserta didik. 0 1 2
5. Mengevaluasi dan merancang perbaikan strategi komunikasi laporan capaian belajar peserta didik. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 3 10
Skor maksimum kompetensi 3 = jumlah indikator × 2 10
Persentase = (total skor/10) × 100% 100
Nilai Konversi untuk kompetensi 3 4
Kompetensi 4 : Mengevaluasi perilaku yang mencerminkan kematangan moral, emosi, dan spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode etik guru
Nama Dinilai : ERWIN DIAN SUSANTO S.Pd.I
Nama Penilai : SUTRISNO S.Pd
Penilaian untuk Kompetensi 4:
Indikator Skor
1. Mengevaluasi makna, tujuan, dan pandangan hidup yang dimiliki berdasarkan prinsip moral dan keyakinan terhadap Tuhan YangMaha Esa untuk memperbaiki perilaku kerja sebagai guru. 0 1 2
2. Mengevaluasi dan merancang perbaikan strategi pengelolaan emosi secara efektif dalam menerapkan perilaku kerja sebagai guru. 0 1 2
3. Mengevaluasi dan merancang perbaikan Penerapan kode etik guru dalam bekerja dan pembelajaran. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 4 5
Skor maksimum kompetensi 4 = jumlah indikator × 2 6
Persentase = (total skor/6) × 100% 83.33
Nilai Konversi untuk kompetensi 4 3
Kompetensi 5 : Mengevaluasi penerapan pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi serta merancang perbaikannya
Nama Dinilai : ERWIN DIAN SUSANTO S.Pd.I
Nama Penilai : SUTRISNO S.Pd
Penilaian untuk Kompetensi 5:
Indikator Skor
1. Mengevaluasi refleksi untuk perbaikan rancangan kebutuhan pengembangan diri yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
2. Mengevaluasi dan merancang perbaikan pengembangan diri untuk meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
3. Mengevaluasi penerapan hasil pengembangan diri sebagai dasar untuk merancang perbaikan dalam rangka meningkatkan pembelajaran peserta didik. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 5 5
Skor maksimum kompetensi 5 = jumlah indikator × 2 6
Persentase = (total skor/6) × 100% 83.33
Nilai Konversi untuk kompetensi 5 3
Kompetensi 6 : Mengevaluasi kebiasaan dalam menempatkan peserta didik sebagai pusat dari pembelajaran dan merancang perbaikannya
Nama Dinilai : ERWIN DIAN SUSANTO S.Pd.I
Nama Penilai : SUTRISNO S.Pd
Penilaian untuk Kompetensi 6:
Indikator Skor
1. Mengevaluasi kualitas interaksi aktif dan empatik yang sudah dilakukan untuk merancang strategi dan teknik yang lebih efektif yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
2. Mengevaluasi cara menghargai (respek) hak peserta didik untuk merancang perbaikan yang lebih baik dalam menjalankan peran sebagai guru. 0 1 2
3. Menganalisis kepedulian yang telah diterapkan untuk merancang perbaikan dalam rangka keselamatan dan keamanan peserta didik sebagai individu dan kelompok. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 6 6
Skor maksimum kompetensi 6 = jumlah indikator × 2 6
Persentase = (total skor/6) × 100% 100
Nilai Konversi untuk kompetensi 6 4
Kompetensi 7 : Mengevaluasi strategi kolaborasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan merancang perbaikannya
Nama Dinilai : ERWIN DIAN SUSANTO S.Pd.I
Nama Penilai : SUTRISNO S.Pd
Penilaian untuk Kompetensi 7:
Indikator Skor
1. Mengevaluasi dan merancang perbaikan strategi komunikasi efektif yang meningkatkan pembelajaran. 0 1 2
2. Mengevaluasi dan merancang strategi yang lebih efektif dalam mengorganisasi tugas bersama rekan sejawat untuk peningkatan pembelajaran. 0 1 2
3. Mengevaluasi dan merancang strategi yang efektif dalam berbagi pengetahuan dan keahlian, serta menerima dan memberikan umpan balik secara konstruktif untuk mencapai peningkatan pembelajaran peserta didik pembelajaran peserta didik. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 7 5
Skor maksimum kompetensi 7 = jumlah indikator × 2 6
Persentase = (total skor/6) × 100% 83.33
Nilai Konversi untuk kompetensi 7 3
Kompetensi 8 : Mengevaluasi pelibatan orangtua/wali dan masyarakat dalam pembelajaran dan merancang strategi pelibatan yang lebih efektif
Nama Dinilai : ERWIN DIAN SUSANTO S.Pd.I
Nama Penilai : SUTRISNO S.Pd
Penilaian untuk Kompetensi 8:
Indikator Skor
1. Mengevaluasi dan merancang pendekatan pendampingan yang lebih efektif untuk orang tua/wali yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
2. Mengevaluasi dan merancang strategi pelibatan pengetahuan, keahlian, dan perspektif orang tua/wali dan masyarakat dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 8 4
Skor maksimum kompetensi 8 = jumlah indikator × 2 4
Persentase = (total skor/4) × 100% 100
Nilai Konversi untuk kompetensi 8 4
Kompetensi 9 : Mengevaluasi peran dalam organisasi profesi dan jejaring yang lebih luas untuk mengoptimalkan keterlibatan dalam peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik
Nama Dinilai : ERWIN DIAN SUSANTO S.Pd.I
Nama Penilai : SUTRISNO S.Pd
Penilaian untuk Kompetensi 9:
Indikator Skor
1. Mengevaluasi peran dan merancang partisipasi untuk pemecahan masalah pembelajaran dalam organisasi profesi dan jejaring yang lebih luas. 0 1 2
2. Mengevaluasi berbagi praktik baik dan merancang karya untuk peningkatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dalam organisasi dan jejaring yang lebih luas.. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 9 4
Skor maksimum kompetensi 9 = jumlah indikator × 2 4
Persentase = (total skor/4) × 100% 100
Nilai Konversi untuk kompetensi 9 4
Kompetensi 10 : Mengevaluasi konten pembelajaran dan merancang cara perbaikannya
Nama Dinilai : ERWIN DIAN SUSANTO S.Pd.I
Nama Penilai : SUTRISNO S.Pd
Penilaian untuk Kompetensi 10:
Indikator Skor
1. Mengevaluasi dan merancang struktur dan alur pengetahuan yang lebih efektif dari suatu bidang keilmuan yang relevan untuk pembelajaran. 0 1 2
2. Mengevaluasi isi dan struktur dari pengetahuan konten yang relevan untuk merancang perbaikan tujuan pembelajaran. 0 1 2
3. Mengevaluasi dan merancang perbaikan alur tujuan pembelajaran. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 10 6
Skor maksimum kompetensi 10 = jumlah indikator × 2 6
Persentase = (total skor/6) × 100% 100
Nilai Konversi untuk kompetensi 10 4
Kompetensi 11 : Mengevaluasi pengetahuan dalam menentukan karakteristik yang akan mempengaruhi cara belajar peserta didik dan merencanakan perbaikannya
Nama Dinilai : ERWIN DIAN SUSANTO S.Pd.I
Nama Penilai : SUTRISNO S.Pd
Penilaian untuk Kompetensi 11:
Indikator Skor
1. Mengevaluasi dan merancang perbaikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan dan karakteristik yang relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik. 0 1 2
2. Mengevaluasi dan merancang perbaikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan latar belakang sosial, budaya, agama, dan ekonomi yang relevan untuk menetapkan kebutuhan belajar peserta didik. 0 1 2
3. Mengevaluasi dan merancang perbaikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan potensi, minat, dan cara belajar peserta didik. 0 1 2
4. Mengevaluasi dan merancang perbaikan strategi pembelajaran yang sesuai untuk mendukung pembelajaran peserta didik penyandang disabilitas. 0 1 2
5. Mengevaluasi dan merancang perbaikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman kebutuhan belajar peserta didik untuk pembelajaran yang inklusif. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 11 9
Skor maksimum kompetensi 11 = jumlah indikator × 2 10
Persentase = (total skor/10) × 100% 90
Nilai Konversi untuk kompetensi 11 3
Kompetensi 12 : Mengevaluasi pengetahuan tentang komponen kurikulum dan cara menggunakannya untuk merancang desain pembelajaran dan merencanakan perbaikannya
Nama Dinilai : ERWIN DIAN SUSANTO S.Pd.I
Nama Penilai : SUTRISNO S.Pd
Penilaian untuk Kompetensi 12:
Indikator Skor
1. Mengevaluasi penggunaan kurikulum dan merancang perbaikan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
2. Mengevaluasi penggunaan asesmen untuk merancang peningkatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
3. Mengevaluasi penggunaan strategi untuk merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. 0 1 2
4. Mengevaluasi dan merancang perbaikan penggunaan strategi pembelajaran yang efektif untuk capaian belajar literasi dan numerasi peserta didik. 0 1 2
Total skor untuk kompetensi 12 7
Skor maksimum kompetensi 12 = jumlah indikator × 2 8
Persentase = (total skor/8) × 100% 87.5
Nilai Konversi untuk kompetensi 12 3